Begini! Cara dan Syarat Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI

Syarat Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI

Cara dan Syarat Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI – Modal adalah salah satu kekuatan seorang pebisnis dalam menjalankan usahanya. Tanpa modal tentu sebuah usaha tidak akan berjalan secara maksimal. Untuk memiliki modal tentu berbagai macam cara dapat dilakukan, namun tetap dengan syarat dan ketentuannya.

Salah satu cara untuk mendapatkan modal ialah dengan meminjam modal di lembaga-lembaga penyedia modal, seperti bank. Contoh bank yang memberikan layanan pinjaman modal bagi nasabahnya ialah bank BRI.

Syarat Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI

Syarat Mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI

Bank BRI menyediakan layanan kredit usaha rakyat BRI untuk memudahkan masyarakat dalam membangun sebuah usaha. Berikut adalah syarat dan ketentuannya.

  1. KUR Mikro Bank BRI

Syarat untuk menjadi debitur dalam KUR mikro ini ialah dilakukan oleh perseorangan atau individu, telah menjalankan usaha sekurang-kurangnya 6 bulan, tidak mendapatkan kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif, dan memenuhi persyaratan administrasi. Sedangkan syarat dan ketentuan kredit usaha rakyat BRI mikro ialah maksimal besar kredit 25 juta per individu, kredit jenis kerja berdurasi maksimal 3 tahun sedangkan kredit jenis investasi maksimal 5 tahun, suku bunga 7% setiap tahunnya, dan tidak ada biaya administrasinya.

  1. KUR Ritel Bank BRI

Syarat untuk menjadi debitur dalam kredit usaha rakyat BRI  ritel ini ialah sudah memiliki usaha yang produktif dan layak sesuai ketentuan, tidak sedang menerima kredit dari bank lain kecuali kredit konsumtif, usaha yang dilakukan telah aktif selama minimal 6 bulan, dan telah memiliki surat izin usaha mikro menengah dan kecil (IUMK) dan surat usaha lain yang mendukung usaha tersebut. Syarat dan ketentuan kredit usaha rakyat BRI ritel ialah besar kredit mulai 25 juta sampai 500 juta rupiah, jenis kredit modal kerja selama 4 tahun sedangkan jenis kredit investasi selama 5 tahun, suku bunga mencapai 7% dalam 1 tahun, tidak ada biaya administrasi, dan agunan sesuai ketentuan.

  1. KUR TKI Bank BRI

Syarat untuk menjadi dibitur dalam kredit usaha rakyat BRI TKI ialah melengkapi identitas berupa kartu tanda pengenal yang sah, adanya perjanjian kerja, adanya perjanjian penempatan, adanya paspor, adanya visa, dan ketentuan lainnya. Sedangkan untuk syarat dan ketentuan mendapat kredit usaha rakyat BRI TKI ialah besar kredit hanya mencapai 25 juta rupiah sesuai dengan ketetapan pemerintah, suku bunga 7% dalam 1 tahunnya, tidak adanya biaya administrasi, jangka waktu 3 tahun maksimal kontrak kerja, tujuan Negara Hongkong, Malaysia, Taiwan, Singapura, Brunai, Jepang, Korea Selatan.

  1. Prosedur Pengajuan KUR

Prosedur mengajukan Kredit usaha rakyat BRI, yaitu pemohon mengajukan surat permohonan KUR kepada pihak bank BRI dengan membawa dokumen pendukung (legalitas, izin operasional, keuangan, dan sebagainya), kemudian bank mengevaluasi permohonan tersebut, setelah disetujui maka bank berwenang dalam memutuskan pemberian kredit pada pemohon tersebut. Selanjutnya bank dan pemohon akan melakukan perjanjian. Terakhir, pemohon akan mengangsur sampai lunas kredit yang telah diberikan.

Itulah cara, syarat, dan ketentuan dalam mengajukan kredit usaha rakyat BRI untuk bisa mendapatkan modal dalam menjalankan usaha. Tentu banyak persyaratan dan ketentuan yang harus Anda patuhi, namun tentu kenyamanan dan layanan berkualitas akan Anda dapatkan jika mengajukan kredit usaha di sini.

Tags: , ,